Bola  

3 Kunci Rahasia STY Ubah Mental Pemain Indonesia

Pelatih Shin Tae Yong memiliki tiga kunci rahasia yang mengubah mental pemain Timnas Indonesia sehingga mencetak sejarah di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Shin Tae Yong memiliki tiga kunci rahasia yang mengubah mental pemain Timnas Indonesia sehingga mencetak sejarah di Piala Asia 2023.

Sejak bekerja sama dengan PSSI pada akhir 2019, Shin Tae Yong dianggap berhasil mengubah Timnas Indonesia.

Tidak saja mengubah cara bermain, STY juga mengubah mental dan sikap pemain Tim Merah Putih. Dikutip dari Hankook Ilbo, STY bercerita soal kali pertama bertemu pemain-pemain Indonesia usai direkrut PSSI.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pemberitaan itu Shin Tae Yong memanggil pemain-pemain Indonesia, tetapi beberapa di antaranya tidak datang.

“Saya kemudian bertanya mengapa dia tidak datang, dia berkata, ‘Saya sakit dan tidak bisa datang.’ Sebelumnya selalu seperti itu, tetapi ketika saya menjabat, sistemnya berubah total,” ujar Shin Tae Yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan memberikan tiga penegasan kepada para pemain Indonesia. Tiga kunci itu jadi salah satu faktor kesuksesan Timnas Indonesia sehingga lolos ke Piala Asia 2023.

“Pertama-tama, saya mengatakan kepada mereka untuk tidak berbohong. Saya mengancam, bahwa saya tidak akan pernah mentoleransi kebohongan,” ucap STY.

“Saya juga mengatakan kepada mereka untuk selalu mengakui kesalahan. Akui saja dan jangan pernah melakukannya lagi,” kata STY menambahkan.

Kunci terakhir kesuksesan STY mengubah mental Timnas Indonesia adalah menekankan untuk tidak mengulangi kesalahan yang bisa berakibat kebiasaan.

“Saya mengatakan bahwa membuat satu kesalahan dapat diterima, namun membuat dua kesalahan adalah sebuah kebiasaan. Ketika saya membuat mereka memahami hal itu dan mengubahnya, pemikiran para pemain juga berubah,” tutur Shin Tae Yong.

Selama empat tahun terakhir menangani Timnas Indonesia, Shin Tae Yong membuat lonjakan peringkat Skuad Garuda dari posisi ke-173 hingga saat ini ke peringkat 146 dalam ranking FIFA.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)

Sumber: www.cnnindonesia.com