Bola  

3 Calon Rotasi STY di Vietnam vs Indonesia: Asnawi Cadangan?

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menurunkan delapan pemain muda 22 tahun ke bawah menjadi starter saat melawan Irak di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Seiring kekalahan yang dialami oleh Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae Yong bisa mengubah formasi dalam duel lawan Vietnam di laga kedua Piala Asia. Berikut tiga pemain yang berpeluang menerobos formasi tim inti.

Timnas Indonesia sejatinya tampil cukup bagus di babak pertama dalam duel lawan Irak. Skuad Garuda bahkan bisa menyamakan skor jadi 1-1 lewat gol Marselino Ferdinan.

Namun pada akhirnya Irak bisa mencetak dua gol tambahan dan menang 3-1. Kekalahan 3-1 ini membuat posisi Timnas Indonesia jadi terjepit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya Indonesia, Vietnam juga berada dalam posisi terjepit karena kalah 2-4 dari Jepang di laga pertama. Karena itu duel Timnas Indonesia vs Vietnam bakal krusial bagi kedua tim.

Shin Tae Yong juga punya peluang mengubah formasi dalam duel lawan Vietnam. Seiring kualitas lawan yang terbilang berimbang, Shin Tae Yong akan punya pendekatan yang berbeda.

Berikut tiga pemain yang berpeluang masuk dalam formasi tim inti dalam duel Indonesia vs Vietnam:

1. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama tidak dimainkan dalam duel lawan Irak karena ia baru kembali bergabung ke Timnas Indonesia pada hari Minggu (14/1) alias satu hari sebelum laga. Kini dengan persiapan yang lebih panjang, Shayne punya peluang besar untuk diturunkan.

Shayne akan mengisi posisi full back kiri. Kehadiran Shayne diharapkan bisa meningkatkan daya gedor Timnas Indonesia di sisi kanan pertahanan lawan. Bila Shayne main, kemungkinan besar Pratama Arhan akan mengisi bangku cadangan.




Witan Sulaeman bisa diturunkan sebagai opsi untuk menambah daya gedor Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

2. Witan Sulaeman

Sejak pemusatan latihan dan laga uji coba, Witan Sulaeman sering mendapat kepercayaan Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu tentu akan coba bermain lebih menyerang dan Witan jadi opsi ideal yang dipilih Shin Tae Yong.

Bila Witan bermain, Asnawi Mangkualam yang mungkin bakal duduk di bangku cadangan. Sedangkan Yakob Sayuri yang bermain baik di laga pertama akan ditarik lebih ke belakang sebagai full back.

Asnawi seperti belum fit 100 persen ketika Timnas Indonesia dikalahkan Irak. Kapten Timnas Indonesia itu sempat mengalami cedera dan absen di dua laga uji coba melawan Libya.




Pesepakbola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Chinese Taipei Ng Pui Hei (kanan) pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt.Ramadhan Sananta merupakan tipikal striker murni yang bisa jadi solusi kebuntuan lini depan.  (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

3. Ramadhan Sananta

Bila melihat performa di laga perdana, Rafael Struick sejatinya kurang memuaskan sebagai ujung tombak. Ia mendapat sejumlah peluang bagus namun tidak bisa mengeksekusi dengan baik.

Jika Shin Tae Yong ingin mencoba perubahan, nama Ramadhan Sananta bisa diajukan sebagai pilihan. Ramadhan Sananta merupakan sosok striker murni. Bila mendapat pasokan bola yang mumpuni, ia bisa jadi predator ganas di kotak penalti lawan.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)


Sumber: www.cnnindonesia.com